Selasa, 21 Februari 2012

Tentang kulitnya

Kalau ngomongin masalah kulit bayi emang sensitif yah mom, karena setiap dapat sugest dari beberapa teman/gugel setelah kita praktekan ke anak kadang hasilnya gak sesuai harapan karena jenis kulit anak yang berbeda-beda. Dan kali ini saya mau review tentang kulit Kenar dari bayi sampai sekarang (26m).

Sewaktu lahir, Kenar memiliki kulit yang bersih, tanpa lemak atau kerak yang menempel di badan atau di kepala setelah beberapa minggu lahir. Katanya menurut mitos dikarenakan emaknya banyak makan buah dan air kelapa. Kalau soal ini saya percaya-percaya-enggak.
Tapi yah demi mendapati bayi lahir bersih saya memang sewaktu hamil Kenar, dalam seminggu saya mengkonsumsi 3 buah kelapa hijau dan buah setiap harinya. Dan alhamdullilah sewaktu lahir kulitnya sesuai harapan saya. Walaupun Kenar tidak putih, paling tidak kulitnya bersih.



Tiga hari setelah lahir, Kenar pulang dari RS. Dan begitu sampai dirumah, kulitnya mulai bermasalah. Yah.. kata orang itu sawan atau apalah. Tapi begitu tumbuh bentolan kecil berisi air (seprti biang keringat) saya langsung cari informasi sana sini untuk menghilangkan bentolan itu. Yah emak rempong, padahal itu biasa yah pada bayi. Tapi bagi saya kalau saya yang mengalami itu rasanya kok gatal plus perih yah. Jadi yah saya gak tega kalau membiarkannya begitu saja. Setelah tanya sana sini akhirnya saya menggunakan pendingin ruangan pada kamar yang dapat meredakan biang keringat pada bayi, dan PK pada air mandinya (dan setelah saya konsultasi dengan dokter, ternyata PK tidak disarankan untuk bayi karena dapat membuat kulit anak iritasi). Mandi dengan air PK saya lakukan jika lagi ada sawan aja di badan Kenar dan alhamdullilah setelah menggunakan PK Kenar gak pernah mengalami masalah kulit semasa bayinya (saya konsultasi menggunakan PK dengan dokter sewaktu Kenar kena bisul umur 20 bulan, jadi mandi PK terus berlanjut jika Kenar dapat masalah kulit semasa bayinya hiks hiks).

Dan sekarang Kenar jarang sekali mengalami masalah kulit. Terakhir kali Kenar mengalami masalah kulit sewaktu lebaran kemaren di Medan. Di punggung dan dahi Kenar penuh dengan biang keringat dan itu juga karena emaknya yang malas menggunakan baby oil sebelum mandi, dan lotion baby sesudah mandi.

Resep kulit sehat Kenar cuma rajin menggunakan baby oil sebelum mandi. Dan itu sudah menjadi kebiasaan Kenar semenjak Kenar umur 40 hari sampai sekarang. Setelah umur 40 hari saya memijat Kenar sendiri menggunakan baby oil setiap kali sebelum mandi. Dan alhamdullilah karena sering dipijat dan menggunakan baby oil Kenar gak pernah rewel. Tapi jika saya dalam 3 atau 4 hari gak pernah memijat Kenar pasti Kenar jadi rewel atau badannya rada hangat. Yah mungkin karena kecapean gerak yah, jadi badannya pegel".

Jadi kalau ada yang tanya kulitnya kayak kulit bayi karena baby oil setiap sebelum mandi (itung-itung baby spa di rumah). Tapi gak setiap anak memiliki kecocokan menggunakan baby oil yah mom. Ada jenis kulit anak yang langsung kering dan menghitam setelah menggunakan baby oil atau minyak telon. Dan setelah saya selidiki pada 3 anak mungkin itu dikarena sirkulasi udara di ruangan yang panas. Dan si anak jika tidur malam digunakan baju yang berlapis dan air mandi yang hangat.

Kadang saya berfikir kenapa dokter selalu menyarankan agar bayi digunakan baju lengan pendek dengan bahan yang tipis? yah mungkin karena itu, karena sirkulasi udara yang tidak baik dan baju yang tebal membuat punggung bayi jadi berkeringat, menghitam, dan mengelupas. Dan karena sirkulasi udara yang panas sang ibu bayi memandikan bayinya dengan air hangat, so jadi plus-plus deh tuh kulit.

Jadi jika kulit bayi kita mengering dan hitam yang perlu diperhatikan adalah:
1. Pastikan sirkulasi udara ruangan tidak panas, sehinga sering membuat anak berkeringat
2.  Mandikan anak dengan air yang sedikit hangat. Jika tidak terbiasa, perlahan kurangi kehangatan air setiap kali mandi, sehingga bayi tidak terkejut dan terbiasa.
3. Jangan gunakan baju panjang pada bayi di malam hari (dengan catatan jika tidak hujan di malam hari).
4. Gunakan baby lotion setiap kali setelah mandi.

Jika kulit kering terus berlanjut segera ke dokter kulit yah mom.Yah semoga berguna mom.


2 komentar: